KAMUS (Mini) ILMU kOMPUTER
PENGERTIAN INTRANET
A.
Pengertian Intranet
Intranet merupakan perkembangan dari LAN (Local Area Network ) dengan
mengadopsi teknologi internet. Intranet merupakan sebuah jaringan privat (khusus) dengan sistem dan
prinsip yang sama dengan internet. Dengan demikian intranet adalah jaringan
internal perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dan lain-lain yang
menggunakan arsitektur, protocol, dan aplikasi yang sama seperti internet.
Dapat diibaratkan intranet merupakan internet yang dibuat dalam lingkup lokal.
Seperti halnya dengan internet, permasalahan yang kerap muncul adalah masalah
keamanan data mengingat jaringan telekomunikasi komersil yang dipakai bersifat
umum (public service communication network).
Intranet biasanya
digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dll dengan
dilengkapi sebuah atau beberapa server untuk keperluan internal seperti
menyimpan data, menyimpan arsip,dll.
1.
Keuntungan menggunakan intranet
a. Produktivitas
kerja, membantu pengguna untuk menemukan informasi secara
cepat,menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya,
serta mengakses data base yang diperlukan.
b.
Efesiensi waktu, dapat memberikan informasi secara cepat dan mengakses
informasi yang sesuai untuk mereka sekaligus.
c.
Komunikasi,
memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif di dalam sebuah
organisasi, baik verikal maupun horizontal.
d.
Sistem publikasi suatu web, memungkinkan data-data organisasi diakses secara mudah.
e.
Efektivitas biaya, pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser,
tidak perlu membaca secara fisik seperti buku.
f.
Keseragaman informasi, menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua
pengguna melihat informasi yang sama.
g.
Mengingatkan kerja sama, dengan informasi yang diakses oleh semua pengguna, kualitas
kerja tim akan meningkat.
2.
Kelemahan menggunakan intranet
a.
Informasi yang salah mengurangi efektivitas
kerja.
b.
Ada kemungkinan untuk mengirim hal-hal yang
kurang sesuai, hal ini perlu adanya tanggung jawab yang besar setiap pengguna.
c.
Perlu adanya pelatihan karyawan.
d.
Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan
mengembangkan intranet.
e.
Pertimbangan keamanan data, karena pengguna
bisa saja mengirim pesan yang sensitive.
f.
Jika tidak dikontrol dengan baik, dapat
terjadi overload (data penuh).
B.
Pengertian Internet
Internet (Interconnected Networking) adalah sekumpulan komputer yang
terhubung menjadi satu dalam sebuah jaringan komputer yang berada di seluruh
dunia. Karena internet merupakan sebuah jaringan maka sebuah komputer yang
terhubung dengan internet maka akan terhubung dengan komputer yang berada di
seluruh dunia. Hingga saat ini diperkirakan ada 20.000.000 lebih jaringan yang
terhubung dengan internet. Komputer yang terhubung dengan jaringan internet
akan dapat mengakses berbagai informasi secara gratis dengan jumlah yang tidak
terbatas.
Internet dapat
dikatakan sebagai sumber data dan informasi serta sarana pertukaran data dan informasi
tanpa adanya jarak fisik dari komputer dan dalam waktu yang sangat cepat.
Jaringan yang menjangkau seluruh
dunia dan dengan menggunakan fasilitas internet, kita dapat saling bertukar
informasi secara global di seluruh dunia tanpa batas institusi, dimensi ruang
dan waktu bahkan dapat menembus birokrasi dan protokoler. Dengan adanya
internet dimungkinkan setiap orang dapat mengakses informasi yang tersimpan di
dalam komputer di belahan dunia yang lain.
C.
Sejarah Perkembangan Internet
Perkembangan internet
berawal dari diperkenalkannya telepon komersial pada tahun 1877, disusul tahun
1915 para peneliti berhasil membuat
percakapan telepon antar benua yang pertama yaitu dari New York ke San Fransisco.
Tahun 1927 AT&T membangun telepon transatlantik komersial di London
menggunakan radio dua arah.
Tahun 1957 tepatnya
tanggal 4 Oktober Uni Soviet meluncurkan Sputnik yang merupakan satelit bumi
yang pertama kalinya diluncurkan.
Menindaklanjuti diluncurkannya Sputnik pada tahun 1958 Departemen Amerika
Serikat mendirikan ARPA (Advenced Research Projects Agency) untuk
mengarahkan proyek dalam bidang riset dan pengembangan. Pada tahun 1960 satelit
komunikasi Echo mulai diluncurkan dan pada bulan Maret diterbitkan Man-Komputer
Symbiosis oleh Joseph Licklider.
Tahun 1962 ATT mulai
menjual modem komersial yang pertama yaitu Bell 103, modem tersebut mempunyai kecepatan
300 bit per detik atau 300 baud. Pada tahun ini mulai diterbitkan On-Line
Man-Komputer Communication yang membahas konsep tentang Galactic Network yang memungkinkan orang
untuk mengakses data dari sembarang situs yang di hubungkan melalui jaringan
besar. Tahun 1965 Ted Nelson mencetuskan istilah “hypertext”
yang kemudian tercipta sebuah perintah Mail.
Tahun 1968 DARPA
(Defense Advanced Research Projects Agency) bekerja sama dengan BBN
(Bolt, Beranek & Newman) untuk membuat ARPANET (US Defense Advanced
Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika. Tahun
1969 jaringan tersebut kemudian dipergunakan untuk keperluan penelitian oleh
perguruan tinggi yang dimulai oleh University of California, Stanford Research
Institute dan University of Utah. Penelitian ini berupa pembuatan jaringan
komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang
apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari
sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan
itu secara otomatis di pindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet
digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan
pengembangan teknologi.
Tahun 1980-an, ARPANET terpecah
menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan
tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap
dapat dilakukan. Pada mulanya
jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut
sebagai internet saja. Sesudahnya, internet mulai digunakan untuk kepentingan
akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi.
Tahun 1986 internet mulai
dipergunakan secara bebas serta terbuka untuk kalangan umum. Pada tahun ini
lahir NSFNET (National Science Foundation Network) yang dapat
menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer.
Jaringan ini kemudian berkembang untuk
menghubungkan berbagai
jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan
konsorsium-konsorsium riset. NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai
jaringan riset utama di Amerika tepatnya pada bulan Maret 1990 ARPANET secara
resmi dibubarkan. Saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan
dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis,
Jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini.
Sebelum terciptanya WWW (World Wide Web) internet
hanya berupa layanan berbasis teks (email/message) dan layanan yang mirip dengan WWW yaitu Gopher,
baru kemudian tahun 1992 WWW (World Wide Web) mulai diluncurkan oleh
CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) dengan nama awalan Viola.
Pada tahun 1993 ketika InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan
pendaftaran domain. Bersamaan dengan itu, Gedung Putih (White House) mulai online di
internet dan pemerintah Amerika Serikat meloloskan National Information
Infrastructure Act. Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994
dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali
diaplikasikan oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online,
dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke internet bagi masyarakat umum.
Tahun 1994 Indonesia baru dapat tersambung dengan layanan internet
komersial. Perguruan tinggi yang pertama kali menggunakan
internet adalah Universitas Indonesia melalui gateway yang menghubungkan
universitas dengan network di luar negeri.
Tahun 1995 sudah diperkirakan lebih dari 27 juta penduduk yang menjadi
pengguna internet. Tahun 1999 diperkirakan pengguna internet mencapai 195 juta orang. Tahun 2001
pengguna internet mencapai 2,4 juta orang. Tahun 2003 sejumlah 502 juta orang. Tahun 2004
jumlah pengguna internet mencapai 4,2 juta.Tahun 2005 diperkirakan 1 miliar
penduduk akan tersambung ke internet bahkan sampai 5 juta per orang.
Pada tahun ini kemajuan internet kian pesat. Banyak orang dari berbagai
kalangan mulai menggunakannya. Baik itu dari kalangan orang dewasa dan
anak-anak. Sekelompok orang yang mengendalikan internet sedang mencoba untuk
membuat TCP/IP baru yang dapat menyediakan miliaran alamat.
D.
Aplikasi Internet
Saat ini terdapat banyak
sekali aplikasi internet yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai bidang
seperti pendidikan, militer, kesehatan, hiburan, media massa, industri dan masih
banyak lagi. Aplikasi internet diantaranya yaitu :
1.
WWW (World Wide Web)
Istilah singkatnya W3
(three doubleyou). WWW atau web adalah sebuah sistem di mana informasi dalam
bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet
webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. WWW merupakan
dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang terdapat
di seluruh dunia. Format WWW adalah hypertext dan hypermedia dengan menggunakan
Hypertext Markup Language (HTML). Membuat file berformat HTML ini dapat secara
perintah manual yang diketik dalam program Notepad (dengan penyimpanan
ekstension diubah menjadi *.html) atau melalui berbagai macam program pembuatan
dokumen untuk WWW (contoh yaitu Microsoft Front Page).Dengan program ini file
HTML dapat di lihat melalui preview yang sudah tersedia. HTML mempunyai kemampuan
untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Contoh dari WWW
adalah www.suaramerdeka.com.
Website mempunyai fungsi yang
bermacam-macam, tergantung dari tujuan dan jenis website yang dibangun, tetapi
secara garis besar dapat berfungsi sebagai :
1) Media
promosi
2) Media
informasi
3) Media
pendidikan
4) Media
komunikasi
5)
Media pemasaran
2.
Email (Electronic Mail)
Email adalah sistem
surat menyurat melalui komputer yang saling terhubung dengan jaringan global.
Email merupakan surat elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan
surat, cerita, puisi bahkan bisa juga mengirimkan berupa file dokumen, gambar,
musik, film dan sebagainya. Dengan
demikian e-mail berfungsi sebagai alat komunikasi untuk pengiriman/penerimaan
yang hanya berisikan data elektronik.
Fasilitas yang
dimiliki oleh email adalah membalas surat seperti Reply of Author, Reply to All,
meneruskan surat Forward sekaligus menambahkan dengan Forward Attache, mengirim
surat dengan Send Receive, dan email yang kita kirim dapat disimpan dalam sent
item. Dengan menggunakan email kita dapat berkomunikasi dengan cepat dan murah
tidak hanya dalam satu daerah atau satu kota melainkan dapat mengirim ke seluruh
dunia. Penggunaan email hampir mirip dengan kita mengirim surat melalui kantor
pos yaitu dengan menuliskan alamat email kita dan alamat email yang kita tuju.
Salah satu contoh alamat email adalah chanthiqs_des04@yahoo.co.id.
3.
Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi
internet yang digunakan untuk berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya
dalam sebuah forum dengan ketertarikan dan kepentingan yang sama dalam membahas
topik-topik tertentu. News Group merupakan kelompok diskusi dalam UseNet yang
membahas suatu topik masalah tertentu yang memiliki server sendiri. Sarana yang
digunakan dapat berupa multimedia (audio visual) dengan menggunakan fasilitas
konferensi video, bias berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan
fasilitas chat (IRC). Gambaran newsgroup hampir mirip dengan sebuah majalah
dinding dimana yang tergabung di dalamnya dapat dengan bebas mengemukakan
pendapatnya.
Adapun fungsi newsgroup diantaranya
adalah:
1)
Tempat mencari informasi
2)
Tempat berkumpul dengan orang-orang yang satu fikiran
3)
Tempat yang paling bebas mengungkapkan pendapat
4)
Sebagai forum perbincangan
4.
Mailing List
Mailing List atau sering
juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana
diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap kali
berkirim email ke alamat milis maka akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar
sebagai anggota milis. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk
bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok milis yang mempunyai
sifat yang sama dengan email.
5.
IRC(Internet Relay Chat)
IRC biasa disebut “chat”
adalah sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris-baris
tulisan yang diketikan melalui keyboard. IRC berfungsi sebagai sarana untuk
melakukan percakapan di internet. Istilah bercakap-cakap di internet adalah
chatting. Cara kerja chatting yaitu dengan kita mengetik apa saja yang ingin
kita katakan dengan teman chatting kita dalam bentuk teks. Dengan chatting kita
dapat bercakap-cakap dengan semua orang di seluruh dunia. Saat ini chatting
sudah merebak dengan diikuti gaya bahasa tersendiri untuk berkomunikasi.
6.
FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah aplikasi
internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari
komputer lain. FTP biasanya digunakan untuk download (mencari/mengambil file
dari sebuah situs). File ini bisa berupa hasil penelitian, artikel, gambar,
lagu. Aplikasi FTP prinsipnya memindahkan file antar host dan berupa
konsep client-server, yang interaktif, keamanan lebih terjamin, bisa otorisasi,
tidak semua client bisa akses.
Adapun fungsi dari FTP
diantaranya:
1)
Sebagai sarana untuk
mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain.
2)
Sebagai sarana pendukung untuk kepentingan
pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.
3)
Sebagai sarana untuk melakukan proses upload
suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna
internet lainnya.
7.
Telnet
Telnet adalah aplikasi
internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang berjarak jauh. Telnet
dapat digunakan apabila mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang
akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses berupa User ID dan
password. IP Address merupakan bilangan biner 32 bit yang pada setiap 8 bitnya
dipisahkan dengan tanda pemisah berupa tanda titik. Contoh IP Address adalah 192.168.50.1.
Telnet berfungsi untuk mengakses remote komputer (komputer yang letaknya di
lokasi lain), membaca file dan data juga menggunakan remote komputer untuk
pelayanan yang lain.
8.
Gopher
Gopher adalah aplikasi
internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet yang hanya
terbatas pada teks saja. Gopher merupakan program internet yang digunakan untuk
mempermudah pencarian, penarikan dan pengambilan informasi (navigasi), kerena
menyediakan struktur berbentuk menu direktori dan sub direktori. Untuk bisa
mengakses Gopher kita harus menghubungkan dengan Gopher server yang ada di
internet.
Adapun fungsi dari
gopher diantaranya:
1) Pemakai
tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang mereka akses.
2) Merupakan
sistem yang memungkinkan para pemakai internet dapat mengakses.
3) Sistem
dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.
9.
Ping (Packet Internet Gopher)
Ping adalah aplikasi
internet yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer kita sudah terkoneksi
atau terhubung dengan komputer yang lain di internet. Pengecekan dapat
dilakukan dengan mengirimkan sebuah paket data.
Adapun fungsi Ping
diantaranya adalah:
1)
Untuk mengecek hubungan antara dua komputer atau
lebih di internet atau yang terhubung di LAN (Local Area Network).
2)
Untuk mem-verifikasi bahwa alamat protokol
internet tertentu ada dan dapat menerima permintaan-permintaan.
3)
Untuk memastikan bahwa satu komputer yang sedang
dituju sedang aktif dan memberikan respon balik.
10. Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat
bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk
melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat
menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi
agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan
mantan murid
Ardsley High School diluncurkan pertama kali pada 4 Februari 2004 dan awalnya hanya
untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke
sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Ardsley High School diluncurkan pertama kali pada 4 Februari 2004 dan awalnya hanya
untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke
sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Adapun fungsi facebook diantaranya adalah:
1.
Untuk
Silaturahmi, antar teman lama, teman baru, dan keluarga.
2.
Untuk
menghimpun keluarga famili, saudara, kerabat yang tersebar,
3.
Sebagai
media diskusi, media dakwah, tukar informasi dan mengajak kebaikan.
4.
Sebagai
media iklan, baik ikan gratis dengan cara posting maupun iklan berbayar yang
telah disediakan.
5.
Membangun
komunitas kelompok tertentu, sekolah tertentu, suku tertentu, agama tertentu,
hoby tertentu.
6.
Melatih
berkomunikasi, melatih menulis, mengeluarkan pendapat, melatih berkomentar.
7.
Untuk media
menyimpan photo keluarga, photo kenangan dan video yang sekaligus bisa di
share.
V
JARINGAN KOMPUTER
A.
Mengenal Jaringan Komputer
Jaringan komputer
adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainya yang terhubung
dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau
tanpa kabel sehingga memungkinkan penggunaan jaringan komputer dapat saling
bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama
menggunakan hardware / software yang terhubung dengan jaringan sehingga akan
menimbulkan suatu effisiensi, sentralisasi dan optimasi kerja. Setiap komputer,
printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan
komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan, atau bahkan jutaan node.
B. Sejarah
Jaringan Komputer
Konsep jaringan komputer lahir pada
tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di
laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H.
Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah
perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa
proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch
Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah
komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai
terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa
terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses
berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka
untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada
sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi
telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Gambar 1
Jaringan Komputer Model TSS
Memasuki tahun
1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer
besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses
distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses
ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel
untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host
komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang
mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses
yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani
terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Gambar 2 Jaringan Komputer
Model Distribusi
Selanjutnya ketika harga-harga
komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang,
maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai
menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer
System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang
teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika
Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri
mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
A.
Keuntungan dan Kerugian Jaringan Komputer
Beberapa keuntungan jaringan komputer antara
lain
:
1. Berbagi Sumber (Resource
Sharing) yaitu penggunaan sumber daya yang ada secara bersama-sama.
Misalnya, seorang pengguna yang berada 100 Km jauhnya dari suatu data, ia
tidak akan mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah
data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer
dalam mengatasi masalah jarak.
2. Ketahanan data yang tinggi (Reliabilitas Tinggi), dengan
jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan
memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat simpan
atau dicopy kedua, tiga atau lebih komputer yang terkoneksi jaringan. Sehingga
bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin lain dapat digunakan.
3. Menghemat uang, artinya dengan menggunakan jaringan, perusahaan
dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya
jaringan komputer, satu buah dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga
perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan.
4. Sharing hardware (berbagi hardware), misalkan dalam sebuah
laboratorium komputer hanya mempunyai 1 buah printer, untuk dapat semua
menggunakan printer maka dibuat sebuah jaringan komputer.
5. Sebagai sarana komunikasi, misalnya, pimpinan perusahaan tidak
perlu mengirimkan surat kepada semua staf-stafnya. Cukup dengan
mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.
6. Lisensi Software Lebih Murah artinya Untuk jumlah pengguna yang
sama, lisensi software yang digunakan oleh beberapa komputer salam satu
Jaringan harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga lisensi software
untuk komputer yang berdiri sendiri.
Selain keuntungan
diatas ada juga terdapat beberapa kerugiannya, yaitu :
1. Virus,
dengan adanya virus ini akan membuat jaringan komputer rusak. Apabila salah
satu dari komputer yang terhubung pada jaringan terkena virus, memungkinkan
komputer lain yang terhubung akan terkena.
2.
Pengaksesan file yang tidak terbatas. Kemudahan dalam berbagi file dapat
mengakibatkan kebocoran data karena dibaca oleh orang yang tidak berhak untuk
mendapatkannya.
3. Biaya
untuk membangun jaringan, saat jaringan akan dibuat maka dibutuhkan sebuah
anggaran tertentu baik untuk konsultasi perencanaan, jasa pembangunan jaringan
dan pemeliharaan software dan hardware.
B.
Terminologi Jaringan Komputer
Terminologi jaringan
adalah tipe dan desain dari sebuah jaringan. Kondisi dan kebutuhan jaringan
tergantung dengan kebutuhan dari individu masing-masing. Ada beberapa
terminologi jaringan berdasarkan metode distribusi data, hubungan fungsional,
jangkauan wilayahnya, metode koneksinya, dan berdasarkan topologinya.
1.
Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode
Distribusi Data
Berdasarkan distribusi
datanya, jaringan komputer dibagi menjadi :
a. Jaringan terpusat, terdiri atas
beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host). Komputer induk berisi data dan
aplikasi dan melaksanakan hamper semua pengolahan data. Terminal dalam jaringan
terpusat dapat berupa dumb terminal (terminal bisu) yaitu terminal yang
tak memiliki alat pemroses data. Contoh monitor yang terhubung secara fisik
dengan komputer induk.
b. Jaringan terdistribusi, terdiri atas
beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan
terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat.
2.
Penggolongan Jaringan Berdasarkan Hubungan
Fungsional Komputer dalam Pemrosesan Data.
Berdasarkan cara akses
dan pemrosesan data, jaringan komputer dibagi menjadi :
a.
Jaringan client-server, Dalam model ini ada komputer yang berfungsi sebagai
administrator atau pengelola jaringan yang disebut server dan ada
komputer yang bertindak sebagai pengguna layanan yang disebut dengan client.
Untuk dapat mengakses jaringan, client harus melakukan login terlebih
dahulu ke komputer server. Client hanya dapat menggunakan resource
yang disediakan oleh sever sesuai dengan otoritas yang diberikan oleh
administrator. Server dapat digunakan untuk mengontrol atau mengendalikan semua
client yang terhubung ke jaringan.
b.
Jaringan peer to peer, model ini digunakan untuk jaringan kecil. Biasanya hanya
terdiri dari atas beberapa komputer. Model ini, setiap komputer dapat
memberikan layanan ke komputer lain dan juga mengambil layanan dari komputer
lain. Dengan kata lain, setiap computer dapat berfungsi sebagai server maupun
client pada waktu yang sama. Pada system operasi Windows, model peer to peer
dikenal sebagai workgroup.
3.
Penggolongan Jaringan Berdasarkan Jangkauan
Wilayahnya.
Berdasarkan jangkauan
wilayahnya, jaringan komputer dibagi menjadi:
a.
Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan
komputer yang mencakup daerah kecil seperti rumah, kantor dan sekolah. LAN
berdasar pada teknologi Ethernet dan WIFI dari 10 sampai 10000 Mbit/s karena
biasanya komputer yang akan disambungkan untuk membuat LAN dilengkapi dengan
Ethernet card atau wireless card. LAN bisa dicontohkan jaringan yang berada di
sebuah gedung atau perkantoran. Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi
sumberd aya yang terdapat di kantor. Komputer yang terhubung dengan LAN umumnya
hanya berjarak 100 m sampai 2000 m.
LAN dibangun untuk
kebutuhan dalam daerah geografis yang terbatas/lingkup kecil, memberi akses ke
pengguna dengan bandwith yang tinggi, menyajikan konektivitas full time untuk
servis-servis lokal. LAN satu dengan yang lain biasanya di hubungkan dengan
sebuah router dan akan membentuk WAN dan koneksi yang lebih besar disebut
internet.
LAN dibangun dengan
peralatan yang murah, yang dibutuhkan sebuah Network Interface Card (NIC) atau
biasa disebut LAN Card. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 95/98,
Windows NT, Windows 2000, windows XP, Windows Vista, Windows 7 atau platform
UNIX, seperti LINUX, FreeBSD, BSD dan lainnya.
b.
Metropolitan Area Network (MAN)
Bisa dikatakan versi
LAN yang berukuran lebih besar dan teknologinya sama dengan LAN. Jaringan
komputer yang besar dan biasanya digunakan di sekolah, kampus ataupun kota.
Terdapat dua jenis koneksi yaitu koneksi dengan cara wireless atau dengan kabel
fiber optik. MAN mampu menunjang suara dan data serta dapat terhubung dengan
jaringan televisi kabel. Contoh MAN adalah kantor-kantor pemerintah yang
terdapat dalam sebuah kota dapat di hubungkan dengan MAN, diharapkan dapat
berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain. Misalkan kantor
Dinas Pendidikan dapat berbagi data dengan Dinas Pariwisata.
c.
Wide Area Network (WAN)
Adalah jaringan
komputer yang mencakup area yang lebih luas, melibatkan kesatuan komputer yang
lebih banyak. WAN akan mampu mengoneksikan pengguna-pengguna jaringan dalam
daerah jangkauan yang lebih luas (negara atau benua). WAN berfungsi
mengoneksikan antar komputer, printer dan device yang lain dalam satu jaringan.
WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada di beberapa lokasi. Dibutuhkan
sebuah device untuk menghubungkan LAN-LAN dengan WAN yaitu router (berfungsi
merawat mengatur address-address LAN dan WAN).
d.
Internet
Merupakan sebuah
jaringan komputer yang besar dan dapat mencakup seluruh dunia. Seseorang yang
terhubung ke internet berarti juga dapat berkomunikasi dengan semua komputer
yang terhubung internet. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang
disebut gateway. Gateway berguna untuk melakukan hubungan dan terjemahan yang
diperlukan baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.
4.
Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode
Koneksinya
Berdasarkan motode koneksinya, jaringan komputer dibagi menjadi:
a. Jaringan berkabel, yaitu jaringan yang
menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota jaringan. Ada beberapa
macam kabel yang biasa digunakan dalam jaringan, yaitu kabel koaksial (coaxial),
twisted pair yang meliputi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan kabel
STP (Shielded Twisted Pair), serta serat optic (FO=fiber optic).
b. Jaringan nirkabel, yaitu jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Salah satu teknologi yang digunakan dalam wireless network ini adalah teknologi WIFI (wireless fidelity).
b. Jaringan nirkabel, yaitu jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Salah satu teknologi yang digunakan dalam wireless network ini adalah teknologi WIFI (wireless fidelity).
5.
Penggolongan Jaringan Berdasarkan Topologinya
Merupakan gambaran dari struktur jaringan
yang akan dibangun. Ada dua jenis topologi yaitu :
a. Topologi
Fisik (Physical Topology), gambaran nyata dari hubungan
kabel-kabel dalam satu jaringan.
1).
Topologi Bus
Beberapa host di hubungkan dengan
jalur data backbone tunggal yaitu berupa kabel lurus panjang (kabel koaksial).
Jumlah jaringan komputer yang dihubungkan dalam jaringan berpengaruh terhadap
performance jaringan, karena hanya satu komputer yang dapat mengirimkan data
dan komputer lain akan menunggu sampai data tersebut terkirim.
Kerugian
:
Deteksi dan isolasi kesalahan sangat
kecil
Kepadatan lalu lintas
sederhana
Diperlukan repeater untuk jarak jauh
dikembangkan
Bila salah satu client rusak, maka
jaringan tidak bisa berfungsi
Keuntungan :
Hemat kabel
Layout kabel
Mudah
2).
Topologi Ring
Komputer dalam satu jaringan di
hubungkan dengan sebuah kabel tunggal. Data yang dikirim akan melalui loop
masing-masing komputer dalam satu arah. Topologi Ring disebut juga dengan
topologi aktif karena masing-masing komputer akan mengulangi sinyal data yang
telah dikirim untuk diteruskan ke komputer selanjutnya. Metode yang digunakan
dalam topologi bus adalah token passing. Jika ada kerusakan pada kabel
penghubung maka menyebabkan jaringan down. Untuk mengatasinya digunakan
doublering, jika ring pertama rusak maka dapat digunakan ring kedua sebagai
backup jaringan
Keuntungan
:
Hemat Kabel
Kerugian :
Peka kesalahan
Pengembangan Jaringan Lebih Kaku
3).
Topologi Star
Semua host dihubungkan dengan sebuah
simpul pusat yang dinamakan dengan HUB atau Switch. Pada topologi ini manajemen
komputer dalam jaringan menjadi lebih mudah disebabkan karena adanya titik
pusat yang mengatur semuanya. Apabila sebuah komputer rusak maka komputer yang
lain masih dapat dijalankan tanpa adanya gangguan dari yang mengalami
kerusakan. Jika HUB atau Switch rusak, akan berpengaruh di semua komputer dalam
jaringan. Karena kemudahannya topologi ini banyak yang menggunakan.
Keuntungan
:
Paling
fleksibel
Pemasangan/perubahan stasiun sangat
mudah dan tidak mengganggu
bagian
Kontrol terpusat
Kemudahan deteksi dan isolasi
kesalahan/kerusakan
Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian :
Boros kabel
Perlu penanganan khusus
Kontrol terpusat (HUB) jadi
elemen jaringan jadi kritis
PEYAMBUNG AN KOMPUTER
A. Instal
Modem
Modem merupakan perangkat perantara
antara komputer dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP
(Internet Service Provider - penyedia jasa internet). Terdapat dua jenis modem
yang ada di pasaran yaitu modem internal dan modem eksternal. Perbedaannya
adalah apabila modem internal dipasang pada mainboard yang terdapat di kotak
CPU, untuk memasangnya kita harus membuka kotak CPU dahulu.
Apabila menggunakan modem eksternal
akan lebih mudah dipasang, tetapi kelemahannya harganya lebih mahal bisa
mencapai dua kali lipat dari modem internal. Modem eksternal letaknya terpisah
dari komputer. Modem ini dihubungkan pada komputer melalui USB port yang
terdapat dibagian depan maupun belakang kotak CPU, tergantung merk CPU yang
digunakan.
Penggunaan modem harus diperkenalkan
terlebih dahulu pada komputer. Untuk dapat mengenalinya maka modem harus
diinstal terlebih dahulu dengan menggunakan driver (berupa kumpulan file-file
yang akan membuat sistem operasi di komputer menganali modem yang dipasang).
Driver biasanya dalam bentuk CD (Compact
Disk) dan diberikan saat kita membeli modem.
Langkah-langkah untuk menginstal
modem pada sistem operasi Windows XP :
1. Apabila pada komputer belum terpasang
modem, maka instal modem terlebih dahulu dengan driver yang sudah ada. Apabila
dalam komputer sudah terpasang (built in) maka langsung lakukan setting modem.
Langkah-langkah setting modem adalah
sebagai berikut :
- klik Start
- Control Panel
- Akan muncul kotak Control Panel
- Pilihlah Phone and Modem Options
Kotak Dialog Control Panel
Maka akan muncul jendela Phone and
Modem Option
Kotak Phone and Modem option
2. Jika lokasi sudah diset, maka akan
muncul jendela seperti di atas. Untuk mengubah lokasi hanya klik Tab Edit maka
selanjutnya akan muncul jendela Windows seperti dibawah ini :
3.
Klik Ok apabila sudah mengedit lokasi
baru, klik Tab Modem dan klik Add untuk menambah modem
yang diindinkan :
RANGKUMAN
BAB 1
INTERNET/INTRANET
A. PENGERTIAN
1. INTERNET
Interconnected
Network atau yang lebih popular dengan sebutan Internet yaitu sebuah system
komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer
diseluruh dunia.
Setiap komputer dan
jaringan terhubung ke jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan
dengan menggunakan unique name yang biasa disebut alamat IP 32 bit. Komputer
yang terhubung secara global dengan menggunakan TCP/IP sebagai protokol
pertukaran paket data (packet switching communication protocol),maka rangkaian
jaringan computer yang besar ,dapat
dinamakan Internet.
Internetworking
merupakan kumpulan jaringan local area,juga metropolitan area yang umumnya
terhubung melalui router-router sehingga membentuk jaringan wide area yang
begitu besar.
2. INTRANET
Intranet
merupakan sebuah jaringan internal perusahaa yang dibangun menggunakan
teknologi internet (arsitektur berupa aplikasi web dan menggunakan protokol
TCP/IP). A. Komponen pembentuk intranet
yaitu :
1. Aplikasi browser
2. Komputer server
3. Perangkat jaringan
4. Protokol TCP/IP
5. Bahasa Pemrograman
6. Komputer client
7. Perangkat bantu (development tool).
B. Manfaat intranet
Pemanfaatan intanet dalam suatu
organisasi digunakan untuk :
- Human resource personal services
- Material and logistic
services,seperti penyediaan ruangan,barang,dsb..
- Information system services dan
lain-lain.
B. SEJARAH
INTERNET
1. Sejarah Internet
Dunia
Sejarah Internet dimulai pada 1969 ketika Department Pertahanan Amerika,
U.S.Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer
sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini dikenal dengan ARPANET.
-
Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu
sama lain.
-
Pada 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia
ciptakan setahun lalu untuk ARPANET.
- Pada 1973 ,jaringan computer
ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
- Pada 26 Maret 1976,Ketika Ratu
Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
- Pada 1979, Tom Truscott,Jim Ellis,
dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.
- Tahun 1981 Franc4 Telecom
menciptakan gebrakan dangan meluncurkan telepon televise pertama ,dimana orang
bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
-
Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan
Internet Protocol atau IP,sementara di Eropa muncul jaringan computer tandingan
yang dikenal dengan EUNET.
-
Pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain,yang kini kita kenal
dengan DNS atau Domain Name System.
- Pada tahun 1987 jumlah computer
yang tersambung melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
- Pada tahun 1988,Jarko Oikarinen
dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat).
- Pada tahun 1990 Tim Berners Lee
menemukan program yang disebut www atau World Wide Web.
- Pada tahun 1994 ,situs internet
telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman,dan untuk pertama kalinya virtual –
shopping atau e-retail muncil di Internet.
2. Sejarah Internet Indonesia
Sejarah Internet Indonesia bermula pada
awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal
dengan Paguyuban Network. Tulisan-tulisan awal mengenai internet di Indonesia
terinspirasi oleh kegiatan amatir radio pada tahun 1986 khususnya di Amatir Radio
Club (ARC) ITB. Mereka mulai
mendiskusikan teknik membangun jaringan computer dengan radio menggunakan
teknologi radio paket. Robby Soebiakto merupakan pakar amatir radio khususnya
dibidang komunikasi data packet switching melalui radio yg disebut radio paket.
Teknologi radio paket kemudian diadopsi oleh rekan Robby Soebiakto yang
kemudian menjadi tumpuan Paguyuban Net tahun 1992-1994.
Pada tahun 1988,melalui surat
pribadi,Robby Soebiakto mendorong Onno W. Purbo unetuk mendalami jaringan
Internet berbasis protokol TCP/IP. Robby Soebiakto juga menjadi coordinator
alamat IP pertama dari AMPR-net. Robby Soebiakto juga merupakan pionir
dikalangan pelaku amatir radio Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir
bulletin Board System (BBS).Komunikasi natara Onno W.Purbo dengan rekannya di
Indonesia berlanjut hingga awal 1990-an dengan menggunakan computer PC/XT
kompatibel dan walkie talkie 2 meteran,melalui jaringan amatir radio.
Pada tahun 1992-1993 ,Muhammad Ihsan
bersama dengan Ibu Adrianti menjalin kerja sama dengan DLR mencoba
mengembangkan jaringan computer menggunakan teknologi paket radio pada band 70
cm dan 2 m.Muhammad Ihsan menjadi motor penggerak di LAPAN,dia mengoprasikan
relai penghubung antara ITB Bandung dengan gateway internet yang ada di BPPT.
Komputer PC 386 digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP IPTEKNET .
Tanggal 7 Juni 1994 Randy Bush melakukan ping ke IPTEKNET dan melaporkan
hasilnya kepada rekannya di NSF Amerika Serikat.
Nama lain yang tidak kalah berjasa
adalah pak Putu. Beliau mengembangkan PUSDATA DEPRIN. Di masa awal perkembangan
BBS,Pak Putu berjasa mempopulerkan penggunaan e-mail di Jakarta. Reporting
System (APRS) yang memungkinkan kita melihat posisi stasiun amatir radio dip
eta internet.Berawal dari teiknologi radio paket kecepatan rendah,ITB kemudian
memperoleh sambungan 24 jam 14.4 Kbps ke RISTI Telkom. September 1996 merupakan
tahun peralihan bagi ITB,karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia
Internet Interconnection Initiatives (AI3). ITB akhirnya menjadi salah satu
bagian terpenting dalam jaringan pendidikan Indonesia yang menamakan dirinya
AI3 Indonesia.
C. MANFAAT INTERNET
Secara umum banyak manfaat yang ada
di internet ,berikut ini adalah sebagian yang ada di internet :
1. Informasi untuk kehidupan
pribadi,kesehatan,rekreasi,hobby,pengembangan pribadi, rohani, dan social.
2. Informasi untuk kehidupan
professional/pekerjaan, sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita
bisnis, asosiasi profesi, berbagai forum komunikasi.
D. DOMAIN INTERNET
Sebagian besar mesin/ computer
server di internet akan dikenali dengan menggunakan nama domain.Di Dunia
internet terdapat beberapa Top Level Domain yang sifatnya global,ada beberapa
yang sangat umu digunakan yaitu :
.com - untuk lembaga komersial
.org – untuk organisasi biasanya
tidak komersial
.gov – untuk pemerintah Amerika
Serikat
.edu – untuk universitas
RANGKUMAN
BAB 2
JARINGAN INTERNET/INTRANET
A. PENGERTIAN
Jaringan computer adalah “interkoneksi”
antara dua computer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi
kabel atau tanpa kabel (wireless).
Autonomous adalah jika computer tidak
melakukan control terhadap computer lain dengan akses penuh,sehingga dapat
membuat computer lain,restart,shut down,kehilangan file atau kerusakan system.
Jaringan internet adalah jaringan
computer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta computer di
seluruh dunia, tanpa batas Negara, dimana setiap orang yang memiliki computer
dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke
penyedia layanan internet .
B. SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
Konsep jaringan computer yang lahir
pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan computer MODEL I
di laboratorium Bell dan group riset Harvars University yang dipimpin profesoR
H. Aiken.
Di tahun 1950-an ketika jenis computer
mulai membesar sampai terciptanya super computer,maka sebuah computer mesti
melayani beberapa terminal. Untuk itu,ditemukan konsep distribusi berdasarkan
waktu yang dikenal dengan TSS (Time Sharing System).
Memasuki tahun 1970-an,mulailah
digunakan konsep proses distribusi ( Distributed Processing) Dalam proses ini
beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untuk
melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host.
Selanjutnya ketika harga computer kecil mulai menurun dan konsep proses
distribusi sudah matang,mulailah berkembang teknologi jaringan local yang
dikenal dengan LAN. Demikian pula,ketika internet diperkenalkan,maka sebagian
besar LAN mulai berhubung dan membentuk jaringan raksasa WAN.
C. JENIS – JENIS JARINGAN
1. Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh
area yang relative kecil. Biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari 200
m.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN biasanya meliputi daerah yang lebih besar dari LAN. Dalam hal ini
jaringan menghubungkan beberapa buah
jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar.
3. Wide Area Network ( WAN)
WAN adalah jaringan yang biasanya sudah
menggunakan media wireless, sarana satelit atau kabel serat optic, karena
jangkauannya yang lebih luas,bukan hanya meliputi satu kota atau antarkota
dalam suatu wilayah,tetapi mulai menjangkau area atau wilayah otoritas negara
lain.
4. Internet
Internet yaitu kumpulan jaringan yang
terkoneksi
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupkan suatu
solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang
menggunakan kabel.
D. TIPE – TIPE JARINGAN
1.
Jaringan Berbasis Server ( Client – Server )
Jaringan berbasis server ( client –
server) merupakan server didalam sebuh jaringan yang menyediakan mekanisme
pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut.
2.
Jaringan Peer-to-Peer
Setiap computer di dalam jaringan
peer mempunyai fungsi yang sama dan dapat berkomunikasi dengan computer lain
yang telah member izin. Jadi,secara sederhana setiap computer pada jaringan
peer berfungsi sebagai client dan server sekaligus.
3.
Jaringan Hybrid
Jaringan hybrid memiliki semua tipe
yang terdapat pada tiga tipe jaringan atas. Ini berarti pengguna dalam jaringan
dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan di waktu
bersamaan juga dapat memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh server.
E. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat jaringan computer bagi user
dapat dikelompokan menjadi 2,yaitu : untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan
untuk umum. Adapun manfaat jaraingan computer untuk umum adalah sebagai berikut
: Jaringan computer memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di
rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan.
F. TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan yaitu gambaran
perencanaan hubungan antarkomputer dalam Local Area Network, yang umumnya
menggunkan kabel,dengan konektor,Ethernet card, dan perangkat pendukung
lainnya.
Ada beberapa jenis topologi yang
sering terdapat pada hubungan computer pada jaringan local area yaitu :
1.
Topologi Bus
Topologi ini merupakan bentangan
satu kabel yang kedua ujungnya ditutup,dimana sepanjang kabel terdapat
node-node. Signal dalam kabel dengan topologiini dilewati satu arah sehingga
memungkinkan sebuah collision.
2.
Topologi Ring
Topologi ini mempunyai karakteristik
yaitu jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal
mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision.
3.
Topologi Star
Karakteristik dari topologi jaringan
ini adalah node(station) berkomunikasi langsung dengan station lain melalui
central node dan diteruskan ke node tujuan.
4.
Topologi Tree/Hierarchical
Tidak semua stasiun mempunyai
kedudukan yang sama. Stasiun yang kedudukannya lebih tinggi menguasai stasiun
dibawahnya, sehingga jaringan sangat bergantung dengan stasiun yang kedudukanya
lebih tinggi dan kedudukan stasiun yang sama disebut peer topology.
5.
Topologi Mesh dan Full Connected
Topologi jaringan ini menerapkan
hubungan antarsentral secara penuh.
6.
Topologi Hybrid
Topologi ini merupakan topologi gabungan
dari beberapa topologi yang ada, yang bisa memadukan kinerja dari beberapa
topologi yang berbeda, baik berbeda system maupun berbeda media transmisinya.
RANGKUMAN
BAB 3
UKURAN KECEPATAN
AKSES INTERNET
A. Bit Sebagai Satuan
Ukuran Kecepatan Akses Internet
Koneksi internet mempunyai kecepatan yang disebut dangan
bandwith. Bandwidth lebih ditujukan untuk menunjukan berapa banyak data atau
paket yang bia disalurkan tiap detiknya oleh jaringan internet yang kita
gunakan. Besar bandwidth dinyatakan dalam satuan bit, kilobit, megabit,
gigabit, dan terrabit. Bandwidth yang ditawarkan oleh ISP terbagi menjadi dua
macam yaitu dial-up dan broadband.
1.
Integritas dan Kualitas
Periksalah apakah ada gangguan
dikoneksimu dengan tool – tool ini :
a. Web Integrity Cheker : mendeteksi
apakah ISP-mu menyisipkan iklan kedalam halaman web.
b. Line Quality Testing : Memeriksa
packet loss di koneksimu,plus masalah router.
c. Network Diagnostic Tester : Uji
koneksi jaringan.
d. Smokeping : Memonitor alamat IP
untuk mendeteksi packet loss atau latency yang berlebih .
e. Pingplotter : Melihat ada atau
tidaknya gangguan keamanan dan performa pada koneksi.
f. Pcapdiff : Membandingkan paket
yang diterima untuk mendeteksi apakah ada paket palsu atau dibuang .
g. Wireshark ; Melihat packet yang
diterima PC dan memastikan kita tidak menjadi korban spoofing.
2.
Pembatasan atau Throttling
Bandwidth throttling , pembatasan
bandwidth adalah teknik jaringan yng digunakan dalam jaringan komunikasi untuk
mengatur lalulintas jaringan dan mengurangi kemacetan . Setting bertujuan
menentukan jumlah maksimum dari kapasitas total jaringan yang diperbolehklan
untuk digunakan.
3.
Kecepatan Internet
Internet mempunyai kecepatan.
Kecepatan ini lebih ditujukan untuk menunjukan berapa cepat jaringan internet
yang kita gunakan mengirimkan data. Data dalam computer biasanya disimpan dalam
bentuk satuan bit . Beberapa notasi yang sering digunakan :
1.000 bit/detik = 1 kilo bps = 1
Kbps
1.000.000 bit/detik = 1 mega bps = 1
Mbps
100.000.000 bit/detik = 1 giga bps =
1 Gbps
Notasi lain yang sering digunakan
untu7k mengukuer kecepatan transfer data ditulis dalam jumlah byte per detik
atau byteper second.
1 Byte = 8 bit
B. Faktor – faktor yang Memengaruhi Kecepatan Internet
Kecepatan koneksi internet
ditentukan oleh factor berikut :
1. Perangkat computer yang kita
gunakan .
2. Bandwidth yang kita miliki.
3. Keadaan lalu lintas jaringan.
4. Jarak ke server.
5. Kondisi server itu sendiri.
6. Kondisi sinyal yang didapat (jika
menggunakan akses nikabel)
7. Ukuran data yang didownload.
C. Situs untuk Pengujian Kecepatan Internet
Untuk mengatur kecepatan bandwidth kita
bisa menggunakan suatu program yang dinamakan situs pengujian kecepatan
internet. Berikut beberapa situs untuk menguji kecepatan internet.
1. Bandwidth test Indonesia :
- http
://portal.telkomspeedy.com/divre5/bandwidthmeter/meter.php
2. Bandwidth test luar Indonesia
RANGKUMAN
BAB 4
PERANGKAT KERAS UNTUK
MENGAKSES INTERNET/INTRANET
A. Gambaran Umum Sambungan Internet
Ada dua cara yang digunakan untuk
terhubung ke internet yaitu menggunakan media kabel dan tanpa menggunakan media
kabel . Dalam konfigurasi sebuah sambungan ke internet terdpat beberapa unsur
penting yaitu :
-
Komputer
-
Internet,biasanya melalui sebuah
Internet service provider.
-
Modem
Masing-masing modaem mempunyai
karakteristik yang berbeda yaitu :
-
Menggunakan modem dial-up dan
sambungan melalui kabel telepon
-
Menggunakan handphone.
-
Menggunakan wireless.
B. Alat-Alat dalam Jaringan Internet
1. Network Interface
Card
2. PCMCIA
Network Interface Card
PCMCIA card adlah card jaringan yang
digunakan kedalam sebuah jaringan tanpa kabel.
3. Modem
Modem adalah singkatan dari
modulator-demulator. Modem mengkonversikan sinyal data “1” dan “0” menjadi
sinyal data yang dapat disalurkan melalui saluran komunikasi.
4.
HUB/Switch
HUB atau Switch digunakan untuk
menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan
pada topologi star dan extended star.
5. Bridge
Bridge berfungsi menghubungkan dua
jaringan yang memilik segmen yang sama, menghubungkan dan menggabungkan media
jaringan yang tidak sama. Bridge hadir dalam 3 tipe dasar, yaitu
local,remote,dan wireless.
6. Router
Route berfungsi mengubungkan dua
jaringan yang memilik segmen yang berbeda.
7. Repeater
Repeater berfungsi memperkuat sinyal
dari sebuah segmen jaringan ke segmen jaringan lainnya,repeater bermanfaat
mengatasi keterbatasan panjang kabel .
8.
Crimping Tools
Crimping tools berguna untuk
memotong ,merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi
Networking.
RANGKUMAN
BAB 5
TEKNIK MENGAKSES INTERNET
A. Public Line (Jalur Umum)
1. Dial-up melalui jalur PSTN adalah
client terhubung ke ISP melalui jaringan telepon regular.
2. Dial-up dengan teknologi GPRS dan
CDMA merupakan ponsel yang berfungsi sebagai modem yang terhubung ke computer
melalui kabel data ponsel.
3. DSL (Digital Subscriber Line)
merupakan sebuah metode transfer data melalui saluran telepon regular.
4. PLC (PowerLine Communication)
,merupakan koneksi PC dengan internet menggunakan jalur listrik PLN yang
bertindak sebagai ISP dengan bantuan modem.
5.ADSL (Asynchronous Digital
Subcriber Line ) denagn modem dan router merupakan sebuah tipe DSL dimana
upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda.
6. ISDN (Integrated Services Digital
Network) merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih
tinggi melaluisaluran telepon regular.
B. Dedicated Line (Jalur Khusus Internet)
1. Leased line,yaitu saluran koneksi
telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan
telekomunikasi public.
2. Terestrial yaitu jalur khusus
internet yang menggunakan media kabel atau nirkabel sebagai aksesnya.
3. Frame Relay yaitu layanan data
paket yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada
waktu yang bersamaan.
4. Fixed Wireless yaitu koneksi
perangkat mobile ke accsesspoint atau koneksi jaringan lokalke ISP.
5. VSAT (Very Small Aperture
Terminal)
6. MPLS (Multiprotocol Label
Switching) yaitu jaringan pita lebar yang berbasis IP.
C. Pengguna Internet di Tempat Umum
Internet banyak digunakan di tempat
umum. Pengguna hanya perlu menyewa penggunaan computer,atau membawa laptop dan
PDA, yang mempunyai teknologi WiFi untuk mendapatkan akses internet ,koneksi
diberikan secara free atau dengan membeli voucher.
D. Cara-Cara Memperoleh Sambungan Internet/Intranet
1. Cara koneksi melalui Dial-up
2. Koneksi Internet dengan modem
handphone
3. Koneksi internet melalui
broadband.
Komentar
Posting Komentar